|
KABAR gembira bagi pelahap kentang goreng. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa kentang goreng aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan kanker.
Mulanya sekelompok ilmuwan dari Instituto di Ricerche Farmacologiche, Italia, penasaran dengan hasil penelitian para pendahulunya. Para seniornya menyimpulkan bahwa kentang goreng dan aneka karbohidrat olahan lainnya mengandung acrylamide, salah satu zat penyebab kanker. Kini para junior yang dipimpin Claudio Pelucchi itu menyebar kuesioner kepada 7.000 penduduk Swiss dan Italia yang menderita kanker.
Berapa kali responden makan kentang yang digoreng atau dibakar dalam seminggu? Bagaimana porsinya? Mereka memperbandingkan jawaban para sukarelawan dalam kelompok ini, lalu membandingkannya dengan pendapat responden lain yang sehat.
Ternyata penggemar kentang goreng bebas dari gangguan kanker. Dan yang bukan kelompok ini positif terkena kanker. Konklusi tim yang dipimpin Claudio Pelucchi ini adalah tak ada korelasi positif antara kanker dan kentang.
Dewi Rina Cahyani (dari berbagai sumber)
|