|
LINDUNGI anak Anda dari asma sejak dini. Caranya mudah. Menurut jurnal kesehatan Thorax edisi akhir bulan lalu, asma bisa dicegah jika anak rajin minum susu kaya lemak serta makan mentega atau produk olahan dari susu lainnya setiap hari. Juga jus buah-buahan segar, yoghurt, dan roti dengan kandungan gandum tinggi.
Cara itu ditemukan sebuah tim peneliti, gabungan ilmuwan berbagai departemen di Belanda. Selama kira-kira setahun mereka mengamati sekitar 3.000 anak yang rata-rata berumur dua tahun. Hasilnya, para responden yang rajin minum susu berisiko lebih kecil terserang asma. Sebaliknya, makin jarang minum susu, makin berisiko rentan asma.
Sayang, tim peneliti Belanda itu tak menjelaskan mengapa susu mujarab sebagai penangkal asma. Namun mereka yakin makanan atau minuman yang banyak mengandung asam lemak, zat antioksidan, dan nutrisi lain mampu mencegah asma.
Dewi Rina Cahyani (dari berbagai sumber)
|