Buah dan Sayur Obat Rematik |
Nyeri persendian kini dapat dengan mudah—dan murah—dicegah. Setidaknya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C.
Penelitian ini dilansir oleh Arthritis Research Campaign (ARC) University of Manchester dan Institute of Public Health di Cambridge University di AS. Mereka melakukan penelitian terhadap 25 ribu orang yang berusia di atas delapan tahun.
Mereka menemukan 73 kasus rematik di antara para responden. Setelah diteliti lebih jauh, tersibaklah rahasianya. Ternyata mereka kurang mengkonsumsi buah dan sayur-mayur.
Profesor David Scott, Presiden British Society for Rheumatology, bahkan meminta temuan ini diteliti lebih lanjut. "Ada hubungan sangat kuat antara konsumsi vitamin C pada sayuran serta buah dan rematik," ia menegaskan. Para peneliti itu menyarankan agar para penderita mengkonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari.
Endah W.S.
|